Glek... glek... glek.. glek...

Aku meminum habis air mineralku Viro water, waktu menunjukkan pukul 13.40 WIB. Panasnya Jakarta membuatku tidak pikir panjang menghabiskan beberapa cc air tersisa yang ada di dalam botol dalam genggaman tanganku ini. Seharusnya air dalam botol ini masih penuh, ya seharusnya begitu. Aku melihat botol Viro water kosong ini dan tersenyum.

*2 jam yang lalu*

Aku duduk di kursi panjang depan rumah makan padang, 3 jam sudah perjalanan dari Bandung menuju Jambi dan sekarang bus yang kutumpangi istirahat di rumah makan sekitaran Pelabuhan Merak. Tak banyak yang kulakukan selain ongkos sudah menipis, rasa letih dan sudah makan cukup sebelum berangkat dari Bandung tadi.  Aku memutuskan hanya mencuci muka lalu membeli sebotol air mineral. Sebotol Viro water menarik mataku di lemari pendingin, ya air mineral favoritku inilah yang menjadi langgananku ketika aku liburan ke Bandung. Kesegaran alaminya lah yang membuatku “ketagihan” menciptakan moments kekeringan di tenggorokan menjadi kesejukkan, Maklum di tempatku tinggal Jambi Viro belum terdistribusi sampai sana.



Setelah 30 menit istirahat, rombongan bus pun satu-persatu menaiki bus kembali lalu melanjutkan perjalanan. Di bus aku mencoba memejamkan mata untuk istirahat sejenak, rasa letih lebih kuat daripada kesenanganku melihat pemandangan pinggir kota lewat jendela bus. Hanya beberapa menit memejamkan mata, telingaku terusik mendengar suara tangisan. Suara tangisan balita di yang pas kursi duduknya didepanku ini mengganggu untuk beristirahat. Dengan mata sayu aku mendengarkan apa yang dikatakan ibu itu pada anaknya yang menangis, dengan maksud agar anaknya berhenti menangis karena tangisannya mengganggu penumpang lain. “Minuman tinggal ini nak, dan minuman bersoda ndak baik untukmu sayang”. Logat jawa yang lembut keluar dari mulut ibu itu. “Tapi bun, andi haus……”. Anak itu tetap pada pendiriannya, ingin segera minum menghilangkan haus di tenggorokan anak yang lucu itu. Dan ibu yang baik itu tetap menolak,  tak ingin anaknya minum minuman yang tidak baik buat pertumbuhannya.

Aku melihat sekitar, penumpang lain hanya memperhatikan anak dan ibu itu tanpa berbuat apa-apa. Hatiku langsung iba, aku buru-buru mengambil botol air mineralku. Aku bangkit dari tempat dudukku lalu menghampiri anak dan ibu tersebut. “Ini bu..” Senyumku sambil menyodorkan botol air mineralku. “Buat ibu dik??” Mata ibu itu terheran-heran. “Iya bu!!”, jawabku mantap sambil tersenyum. “Terima kasih banyak dik”. Aku mengangguk lalu kembali ke kursiku. Fiuuuhhh… Aku menghela nafas lega, senang rasanya membantu orang yang sedang kesusahan seperti tadi. Walaupun bantuannya kecil, pasti terlihat besar buat orang sedang kesusahan yang kita bantu. Dan benar, anak itu sumringah lalu menuangkan air mineral Viro water ke dalam gelas “Mickey Mousenya”. Aku kembali memejamkan mata, lega meskipun tidak tau bagaimanan nanti kalau aku yang gantian haus mengingat perjalanan masih jauh




Dalam tidurku aku terbangun, pundakku digoyang-goyang oleh seseorang. Aku membuka mata. “Ini dik.. Masih ada sisa, mungkin kamu butuh waktu dijalan”. Dengan nyawa yang masing belum terkumpul, aku menerima botol air mineral Viro water yang tadi aku berikan kepada ibu itu. “Dan ini sebagai tanda terima kasih ibu dan Andi”. Ibu itu melihat anaknya dengan senyum sembari menggosok-gosok rambut anaknya. Lalu Ibu itu menggenggam tanganku lalu memberikan “buntelan” kertas terus buru-buru pamitan turun karena sudah sampai tujuan di Palembang. Setelah beberapa menit aku baru sadar, ibu itu memberikan  selembaran uang Rp.20.000. Nilai yang besar untuk air mineral “Rp.2000”. Ya Allah, kebetulan banget uangku sudah menipis. Aku bersyukur sekali, bersyukur membantu hal kecil kepada ibu yang baik hati tadi. Moments kecil syarat makna dalam perjalananku ini, sebotol air mineral Viro Water membengkaskan sebuah kebahagiaan kecil dan kebanggaan dalam hati ini. Semoga ibu tadi sehat selalu, dan si Andi anaknya yang lucu itu semoga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama dan negara. Amiinnnn ya Allah….







0 komentar:

Posting Komentar

”viro

About this blog

Popular Posts

Recent Posts

About

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes